khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komitmen

Komitmen

Tantangan Gurusiana (hari ke-29)

Sewaktu menulis tantangan ke - 28 semalam, jarum jam sudah menunjukkan pukul 21.30 menit. Bungsuku masuk ke dalam kamar memeluk dan menciumku karena ia pamit mau tidur. Ia pun bersiap untuk keluar, tetapi langkahnya terhenti begitu tangannya hampir memegang gagang pintu. Ia berbalik badan dan kembali menuju ke arahku.

“Bunda, emangnya bunda digaji untuk menulis setiap hari?” tanyanya santai. Dan tentunya aku tertawa mendengar pertanyaan yang tidak terduga ini.

“Enggak……,”jawabku masih menahan tawa.

“Ngapain bunda capek-capek nulis?” ia kembali melontarkan pertanyaan karena belum menemukan alasan yang membuat bundanya selalu setia di depan laptop saban hari.

“Begini ya dek…, memang bunda tidak dapat gaji dari kegiatan menulis beberapa hari ini. Tetapi bunda melakukannya karena ingin belajar mendisiplinkan diri dalam menulis,” jawabku pendek.

“Ooo………………..” katanya berlalu.

Mungkin semua penulis juga mempunyai prinsip yang sama, bahwa menulis itu bukan melulu tentang angka-angka, penghargaan dan lain sebagainya. Bukannya sok idealis, tetapi mungkin itu yang tengah dirasakan entah karena masih terjangkit virus menulis, sehingga pengennya nulis terus walaupun terkadang didera kebingungan mau nulis apa ya??? . Bagaimana kita membuat komitmen pada diri sendiri untuk selalu mempertahankan kebiasaan menulis???.

Dibeberapa pelatihan panitia selalu menyediakan spanduk kosong yang nantinya diisi dengan bubuhan tanda tangan peserta sebagai bukti kalau mereka berkomitmen untuk menyiapkan buku karangannya siap sampai proses cetak.

Dalam menulis, komitmen tentunya sangat diperlukan, agar kegiatan menulis yang tengah dijalani tidak booming sesaat saja, tetapi bisa berkelanjutan. Dan yang namanya komitmen tentu harus dilaksanakan agar membuahkan hasil.

Baiti Jannati, 12 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post