khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ODOJ

ODOJ

Tak terasa seminggu Ramadahan telah menemani kita, mengisi hari-hari dengan berbagai amal ibadah. Di bulan yang mulia ini kita memang  dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.  keutamaan yang kita peroleh dengan pahala yang dilipat gandakan untuk setiap ibadah yang kita kerjakan. Ramadhan bulan yang sangat ditunggu-tungu,  harus kita akui pesonanya  berbeda dengan bulan-bulan yang lain.

            Seseorang yang biasanya malas mengerjakan shalat dan jarang membaca al Qur’an mendadak menjadi orang yang sangat intens dengan kedua amalan ini. Geliatnya  bisa kita lihat dan rasakan dengan banyaknya orang yang meramaikan mesjid disetiap waktu shalat datang. Terdengar bacaan al Qur’an sambung menyambung antara satu dengan  lainnya lewat speaker mesjid atau mushalla. Atau seseorang yang semula membiarkan auratnya terbuka, merasa malu membiarkannya tetap terbuka, akhirnya membalut tubuhnya dengan pakaian syar’I,  serta  masih banyak contoh lainnya.

            Saat ini ditengah pandemi covid-19 tengah melanda dunia, memang terasa perbedaan yang kita rasakan. Kegiatan meramaikan mesjid dengan shalat fardu dan shalat tarawih berjamaah tidak kita temukan lagi. Begitu juga tadarus al Qur’an tidak terdengar lagi.

            Hal  itu bukan berarti Ramadhan kali ini tidak diisi dengan amalan-amalan yang biasa kita lakukan di Ramadhan sebelumnya. Kita tetap shalat tarawih dan tadarus Al qur’an walaupun di rumah masing-masing.

            Sebuah terobosan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Sumatera Barat yaitu melakukan tadarus secara daring. Sehingga diharapkan bisa mengkhatamkan al Qur’an dalam satu malam secara bersama-sama.

            Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota langsung merespon kegiatan ini dengan menyerukan kegiatan ODOJ (One Day One Juz) kepada keluarga besar Kemenag Lima Puluh Kota. Respon positif pun terlihat dengan bermunculan grup ODOJ di masing-masing satker (satuan kerja).  

            Adapun pelaksanaan ODOJ adalah dengan membuat grup yang beranggotakan 30 orang. Kepada masing-masing  anggota dibagi bacaan al Qur’an yang akan dibaca. Misalnya si A membaca juz 1, si B membaca juz 2, si C membaca juz 3, begitu seterusnya sampai juz 30. Dan apabila sudah berhasil membacanya, kemudian ia melaporkan bacaan tadarusnya. Dari laporan masing-masing anggota dapat diketahui apakah grup ini telah berhasil menghatamkan Al Quran untuk hari itu.

            Begitu juga pada hari berikutnya juz yang dibaca diroling lagi sesuai dengan bacaan yang telah diselesaikan sebelumnya. Misalnya si A kemaren membaca juz satu maka hari ini ia membaca juz yang ke-dua. Begitu juga dengan anggota grup yang lain. Kegiatan ini berlangsung terus  sampai berakhirnya Ramadhan.

Tak terkecuali disekolah kami, semua antusias menyambutnya, walaupun  semula ada beberapa teman yang  ragu apakah ia bisa menuntaskan bacaan dalam satu malam atau tidak. Dengan motivasi dari teman-teman dan tekat yang kuat akhirnya ia pun bisa menghilangkan keraguan hatinya dengan berhasil menyetorkan taddarusnya di grup ODOJ sekolah.

Walaupun keterbatasan ruang gerak kita karena pandemi ini, kegiatan ini mampu memberi semangat dalam mengisi kegiatan Ramadhan. Semoga amalan ibadah kita tidak saja meningkat di bulan ini, tetapi juga meningkat dibulan-bulan lainnya. Dan semoga semangat membaca al Qur’an pun terus berlanjut. Mari membumikan Al Qur’an dengan banyak membacanya disetiap kesempatan.

Fastabiqul khairat,

 

Payakumbuh, 1 Mei 2020

           

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post